-->

Pengetahuan Dasar Tentang Printer Alat Cetak Sebuah Komputer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat Keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

Arti Printer


Adalah pencetak yang resolusi cetakannya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada lnkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.


Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetakan laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.

Dibawah ini ada bagian printer yang mungkin belum anda ketahui. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :
Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau lnkjek tak butuh pemanasan, hanya pembersih atau cleaning pada print-head pinter tersebut.
Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari processor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.

Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. Dan saat ini, merk produk printer yang banyak digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi.
Untuk jenisnya, Printer memiliki beberapa jenis diantaranya Printer Dot-Matrix, Printer lnkjet dan printer Laser.

Pengertian dan Penjelasan pada Istilah dan bagian – Bagian Printer :
Printer di indonesia ini semakin tahun terus berkembang dan semakin bertumbuh , Dari jenis printer yang simple hanya untuk melakukan printing , hingga Printer yang memiliki banyak fungsi seperti Multifunction Printer yang terdapat Scanner , Dan tambahan fitur Fotocopy . Dari Resolusi Printer yang kecil Seperti Printer DotMatrix , Hingga Printer yang kualitas Resolusi sangat Tinggi .

Pengertian dan Penjelasan pada Printer
Pengertian dan Penjelasan Tentang Printer
Pertumbuhan dan perkembangan printer di indonesia selalu signifikan , dan masih tetap pemain lama yang bersaing di pasar penjualan printer indonesia, Seperti Printer Canon , EPSON , Hp , Brother , Xerox , dan berbagai macam produsen baru lainya . Tapi apakah kalian selama ini menggunakan printer , Mengetahui apa saja bagian – bagian dan istilah yang terdapat pada Printer ?? Pastinya kalian akan merasa bingung atau tidak mengerti jika suatu ketika ada yang bertanya tentang bagian printer ,pada printer yang kalian miliki (contoh bagian Catridge), apakah dan berda di bagian mana itu ?? Nah untuk Pengetahuan dan pengertian dasar tentang apa yang di maksud pada istilah dan bagian – bagian printer , akan printer-hero bahas kali ini.

Pengertian dan Penjelasan pada Istilah dan bagian – Bagian Printer :
1. Printer : Sebuah Alat atau Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil nyata dari komputer dengan proses mencetak pada sebuah media (kertas , banner , dll) dengan menggunakan tinta atau toner . 2. Cartridge : Perangkat Penting di bagian Printer yang memiliki peran sebagai tempat menyimpan , mengatur , dan tempat proses di keluarkanya tinta sehingga membentu karakter dalam proses cetak

Catridge Pada Printer Epson
Catridge Pada Printer Epson
Cartridge Pada Printer Canon
Cartridge Pada Printer Canon
Model Catridge pada Printer HP

Model Catridge Jenis Toner / Laser
3. Rumah Cartridge (Carriage Unit) : Sebuah perangkat yang berguna sebagai tempat Catridge di letakkan /di dudukkan , sehingga tersambung antara chip dari catrige ke chip di bagian rumah catridge.

Contoh Rumah Catridge Pada Printer Epson
4. Head : Bagian dari catridge yang berfungsi sebagai perantara tempat keluarnya tinta / toner dari penampungan catrdige , menuju media yang di tuju .

Head Pada Catridge Canon
5. Chip Catridge : Bagian dari catridge yang berfungsi untuk menghubungkan antara catridge dengan mainboard printer , Sehingga proses cetak berjalan sesuai perintah yang masuk dari mainboard lalu di salurkan ke catridge.

Chip Pada Catridge Canon
Chip Pada Catridge Canon
6. Ink Tank (Tabung Tinta) : Bagian dari printer yang berguna untuk tempat menyimpan tinta sementara sebelum akhirnya keluar dan diproses menuju head catridge .Ink Tank ada dua macam , menyatu di catridge dan berada di luar printer .

InkTank Pada Catridge
Tabung Infus Pada Printer Epson
Bagian – Bagian Ink Tank
Bagian – Bagian Ink Tank
7. Selang : Bagian tambahan yang digunakan pada printer yang sudah di modifikasi menjadi sistem infus , yang memiliki fungsi sebagai saluran mengalirnya tinta dari tabung tinta tambahan (diluar printer ) menuju ke tempat penyimpanan tinta di catridge .

Selang Infus Pada Printer
Selang Infus Pada Printer
8. Infus Printer : yaitu salah satu model printer / modifikasi printer yang menggunakan media tabung infus sebagai penyimpanan tambahan tinta , dan dengan infus ini refill ( isi ulang tinta) lebih mudah dan tidak perlu lagi mengisi tinta dengan menyuntikan langsung ke cartridge

Modifikasi Printer Infus
Modifikasi Printer Infus
9. Tinta : Bagian printer yang berfungsi sebagai bahan baku printer berupa zat cair yang membuat proses pembentukan karakter/grafik terjadi pada media . Tinta ini terdiri dari 4 kombinas ( Cyan ,Magenta ,Yellow ,blacK ) dan 6 kombinasi ( Cyan ,Ligh Cyan ,Magenta , LightMagenta ,Yellow ,blacK ) .

Kombinasi 4 Warna Tinta
Kombinasi 4 Warna Tinta
Kombinasi 6 Warna Tinta
Kombinasi 6 Warna Tinta
10. Paper Tray : Tempat Penampungan atau meletakkan kertas sebelum dan setelah melakukan cetak. tray sebelum kertas di cetak di sebut paper tray input , sedangkan paper tray setelah kertas di cetak disebut paper tray output.

Paper Tray Input Printer Canon
Paper Tray Input

Paper Tray Output
11. Roll : Bagian dari printer yang memiliki fungsi untuk mengatur kertas , menarik kertas dari tray(tempat penampung kertas ) menuju kedalam tempat proses pencetakan .

Bagian Printer Roller Kertas
Roll Kertas Pada Printer
12. Sensor kertas( paper sensor) : Merupakan Bagian printer yang memiliki sensor untuk mendeteksi kertas pada bagian tray dan kertas yang akan masuk menuju tempat pencetakan .

Tentang Sensor kertas Pada Printer
Paper Sensor Pada Printer
Tentang Sensor kertas Pada Printer
Sensor Kertas Pada Printer
12. Mainboard : Bagian printer yang merupakan otak pada sebuah printer di sini terjadi pertukaran data dari komputer menuju printer dan diteruskan menuju bagian – bagian lain di dalam printer seperti catridge sensor , dan lainya sehingga terjadi proses mencetak

mainboard Printer Epson TM U220
13. Lampu : Bagian dari printer yang berfungsi sebagai indikator printer nyala dan indikator normal tidaknya printer . Lampu pada printer ada 2 jenis , yaitu lampu indikator power dan reset .

Lampu indikator pada printer
14. Tombol Power : Tombol untuk menyalakan dan mematikan printer

tombol power pada printer untuk menyalakan printer
Tombol Power pada printer
15. Tombol Stop : Tombol untuk melakukan pemberhentian proses cetak printer ketika terjadi masalah .

tombol stop pada printer
tombol stop pada printer
16. Tombol Copy / Salin : Tombol ini berfungsi untuk meberikan perintah printer agar melakukan fotocopy file yang terdapat pada scaner .Terdapat dua tombol , Warna putih ( Untuk Copy Hitam Putih ) Warna Hijau ( Untuk Copy Warna )

tombol fotocopy untuk warna dan hitam
17. Scanner : Salah satu bagian tambahan pada fitur printer yang memiliki fungsi untuk melakukan scan atau pembacaan gambar yang menempel pada area scan , untuk di simpan dalam bentuk document ataupun di cetak ulang .

Scanner tambahan pada Printer
Scanner yang menyatu pada Printer
18. CISS (Continues Ink Supply System) : Sistem Infus Printer yang membantu untuk memudahkan bagi user printer yang memiliki kebutuhan cetak yang tinggi dan menginginkan kemudahan dalam pengisian tinta printer.

Continues Ink Supply System Pada Printer
Continues Ink Supply System Pada Printer
19. Timing Belt : Bagian dari printer yang berfungsi untuk menggerakan cartridge dan juga alat scaner ke kanan dan ke kiri untuk ketika proses mencetak atau scanning berlangsung

Timing Belt Pada Printer Epson
20. Pembuangan Tinta : Tempat pembuangan tinta , Kelebihan tinta yang kotor akan di buang kesini setelah proses cetak berlangsung .
Tempat Pembuangan Tinta Printer Epson
Tempat Pembuangan Tinta Printer Epson
21. Driver : Salah satu bagian penting dari printer , yaitu sebuah software bawa’an printer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan, mengatur antara komputer dengan printer .


Pengertian Printer, Fungsi Dan Jenis Printer Terbaik
Pengertian printer. Megungkap secara lengkap tentang apa itu pengertian printer, fungsi, dan jenis printer terbaik.
Printer merupakan istilah dalam teknologi komputer yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Printer merupakan hardware atau perangkat keras yang selalu berhubungan dengan komputer. Printer juga mudah ditemukan di semua sektor pekerjaan, baik itu di bidang perbankan, pendidikan, agen tiket, bahkan di percetakan. Lalu apa sih pengertian printer itu sendiri?

Uraian singkat berikut ini akan memperjelas pemahaman anda tentang pengertian printer, fungsi printer dan jenis - jenis printer.

PENGERTIAN PRINTER
Apa itu printer? printer berasal dari bahasa Inggris yang artinya pencetak atau alat untuk mencetak. Definisi atau Pengertian Printer secara lebih lengkap adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen dari komputer, tentunya setelah driver mesin printer terinstall di komputer.

Terkadang orang memahami pengertian printer berdasarkan tinta yang digunakan, mereka menyebutnya dengan istilah printer tinta basah dan printer tinta kering. Memang pada perkembangannya sekarang ini ada jenis printer yang menggunakan tinta kering berupa bubuk ( toner ), biasa disebut juga dengan printer laser.

Setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding dengan merk lainnya. Namun yang lebih penting, intinya sebenarnya adalah kualitas cetakan. Dari segi kualitas cetakan, satuan ukuran yang digunakan untuk printer adalah dpi (dot per inchi). Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci.

Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yakni dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas hasil cetak suatu printer adalah dengan melihat nilai dot per inchi (dpi) yang biasanya tertera pada kotak printer. Semakin tinggi dpi suatu printer maka hasil printnya akan semakin bagus.

Selanjutnya, nda juga dapat membaca jenis - jenis printer pada bagian bawah tulisan ini, sehingga pengertian printer dapat menjadi lebih jelas.

SEJARAH PEMBUATAN PRINTER
Saya yakin, anda termasuk orang yang akrab dengan teknologi komputer, termasuk juga printer. Karena printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan komputer. Namun tahukah anda, ada sejarah panjang dalam pembuatan komputer yang terus berkembang dari generasi ke generasi.

Setelah di atas kita belajar tentang pengertian printer, kali ini saya ingin bercerita tentang sejarah penciptaan mesin printer.
Sebenarnya, teknik cetak-mencetak sudah dimulai pada abad ke-14 secara sederhana di Cina. Orang-orang Cina berhasil melakukan inovasi menciptakan tinta dan block printing yg berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tapi perkembangan teknik cetak di Cina masih kalah dengan perkembangan di Eropa. Karena alfabet Cina memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika diterapkan di mesin tik, dengan ribuan ideogram spesifik. Sehingga hampir gak ada perubahan dalam hal efisiensi produksi di Cina dibandingkan dengan Eropa. Dan pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya di Eropa yg membuat kebutuhan proses produksi dokumen tulisan cepat dan murah.

Seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yg diproduksi secara massal. Pada tahun 1953, printer berkecepatan tinggi pertama dikembangkan oleh Remington -Rand untuk dimanfaatkan pada komputer Univac.
Pada tahun 1938, Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering disebut electrophotography biasa disebut Xerox, teknologi dasar untuk printer laser yang akan datang.

Printer laser asli disebut EARS dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center dimulai pada 1969 dan selesai pada november, 1971. Xerox Engineer, Gary Starkweather diadaptasi teknologi mesin fotokopi Xerox menambahkan sinar laser untuk itu untuk datang dengan printer laser.

Menurut Xerox, The Xerox 9700 Electronic Printing System, produk laser printer xerographic pertama, dirilis pada tahun 1977. The Xerox 9700, printer yang dirintis di optik laser scanning, elektronik generasi karakter, dan halaman – format perangkat lunak, merupakan produk pertama di pasar yang akan diaktifkan oleh penelitian PARC.

Menurut IBM, yang pertama IBM 3800 dipasang di kantor akuntansi pusat di Amerika Utara data center FW Woolworth di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1976.
The IBM 3800 Printing System pertama berkecepatan tinggi industri, printer laser. 1 buah printer laser yang dioperasikan pada kecepatan lebih dari 100 siaran – per – menit. Ini merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan electrophotography menurut IBM.

Pada tahun 1992, Hewlett – Packard merilis LaserJet terkenal, pertama dengan 600 titik per inci resolusi laser printer.
Sekarang ini, berbagai merk berlomba - lomba menciptakan printer dengan fitur - fitur tambahan yang menarik, yang lagi populer adalah sistem three-in-one yang tidak lain adalah fitur print scan dan copy dalam satu mesin. Baca juga : Cara Membuka situs Yang Diblokir

FUNGSI PRINTER
Fungsi printer tidak jauh dari pengertian printer di atas, merupakan alat untuk mencetak artikel, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Pada perkembangannya, teknologi printer semakin canggih, yaitu ditambahkannya dengan fitur - fitur menarik yang tentunya semakin memanjakan konsumen. Fungsi printer yang dulunya hanya sebatas alat untuk mencetak dokumen, seperti halnya pengertian printer di atas, sekarang sudah banyak printer yang memiliki fasilitas three in one yaitu print scan dan copy dalam 1 mesin. Ini bisa jadi cara scan dokumen yang praktis daripada membeli alat scanner lagi.
pengertian printer

JENIS - JENIS PRINTER
Sedikit banyak, jenis - jenis printer sudah disinggung pada penjelasan pengertian printer di atas. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa jenis printer yang dapat ditemukan di pasaran, antara lain :

Printer Laser Jet
1. Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

2. Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

3. Printer Ink Jet
Printer Ink Jet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

4. Printer LED/LCD, merupakan jenis printer yang hampir sama dengan printer laser. Namun, untuk proses printer LED/LCD ini menggunakan light-emitting diode. Jenis printer ini mampu menghasilkan kualitas cetak yang berkualitas baik dalam bentuk grafis ataupun teks.

5. Printer solid Ink, merupakan jenis printer yang menggunakan sejenis tinta namun sudah dililinkan. Printer ini memiliki cara kerja yang melelehkan rinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat dan selanjutnya dipindahkan ke sejenis drum dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum mencetak ke media kertas.

6. Printer Dye Sublimation, merupakan jenis yang banyak digunakan dalam seni grafis sebagai pencetak benda keras seperti mug, ataupun souvenir keras lainnya.

7. Printer POS (Point Of Sale), dimana jenis ini muda ditemui pada kasir di toko yang langsung terhubung dengan laci uang dibawahnya.

8. Printer Photo Digital, merupakan printer yang biasanya digunakan fotografer untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi.

9. Printer Plotter, merupakan jenis printer yang sangat akurat dalam proses pencetakannya. Printer ini memiliki ukuran besar dan biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar para arsitek ataupun insinyur.