-->

Kehadiran Motor Listrik Yamaha Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

Seorang ibu rumah tangga yang berjiwa muda tentunya memiliki semangat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan rumah yang tidak ada habisnya. Apalagi, jika suka memasak dan menghibur diri dengan berbelanja, waktu tentunya bukanlah sesuatu yang bersahabat baginya. Pagi hari, ibu rumah tangga berjiwa muda ini harus pergi ke pasar. Alasannya? Tentu untuk mendapatkan stok bahan makanan yang sangat segar di pasar, baik tradisional maupun modern.

oke otomotif


Pilihan paling hemat adalah dengan berjalan kaki. Kalau mau, bisa juga naik sepeda motor atau ojek. Jika naik sepeda motor sendiri, mungkin saat menghidupkan motor akan menimbulkan suara bising, sehingga ibu muda memilih ke pasar dengan naik ojek agar tidak berisik.

Apakah Anda termasuk ke dalam ibu rumah tangga yang berjiwa muda seperti itu? Jika iya, mungkin Anda memerlukan kendaraan pribadi yang tentunya sangat mudah dibawa dan tidak menghabiskan budget untuk kebutuhan pribadi. Mulailah beralih ke kendaraan fungsional yang hemat, seperti kendaraan listrik.

Selis merupakan perusahaan kendaraan listrik yang menyediakan kendaraan tanpa emisi untuk masyarakat. Sebagai pelopor kendaraan listrik di Indonesia, Selis selalu berinovasi dan berkembang.

Selain menyediakan barang yang fungsional, Selis juga menyediakan produk-produk khusus dengan desain menarik. Sehingga, pengguna tidak hanya mendapatkan manfaat tapi juga kemudahan dan tampilan yang menarik dari produk Selis.

Salah satu produk Selis yang sangat digandrungi oleh ibu-ibu, khususnya yang berjiwa muda, adalah Selis Murai. Selis Murai adalah kendaraan listrik dengan model motor pedal. Selis menyebut model ini dengan e-Moped, atau electric motor pedal.

Badannya seperti motor dan memiliki tempat kaki sehingga nyaman digunakan. Selain itu, model ini juga memiliki pedal yang bisa dikayuh. Pokoknya tangguh dan anggun.

Lantas, bagaimana cara penggunaannya? Bisa dengan digas menggunakan energi listrik, bisa digowes, atau bisa digowes sambil digas. Jadi, bisa sekalian olahraga kecil-kecilan!

Dengan menggunakan Selis Murai, Sahabat Selis akan bisa berkendara dengan sangat nyaman karena dinamo dalam kendaraan listrik ini menimbulkan efek getaran yang sangat minim sehingga tidak akan terasa. Selain itu, kendaraan listrik ini tidak menimbulkan suara sehingga tidak berisik.

oke otomotif


Penggunaannya juga sangat mudah karena mengikuti model motor pada umumnya. Semua informasi dapat dilihat melalui LCD display, mulai dari kecepatan hingga sisa baterai.

Dari segi baterai, Sahabat Selis dapat menggunakan Murai sampai dengan 35 km per satu kali charge dengan kecepatan maksimal 25 km/jam. Dengan jarak segini, Sahabat Selis pasti bisa pergi dan pulang menggunakan Murai tanpa harus takut baterainya habis di tengah jalan. Pasti aman deh di jalan!

Selain itu, sistem baterainya (BMS) sudah sangat aman karena tertutup cover baterai sehingga tidak akan membuat kesetrum. Terkena hujan dan melewati banjir? Tentunya masih aman! Dengan menggunakan Murai, Sahabat Selis akan menghemat banyak uang yang tersisa dari biaya transportasi. Bagaimana tidak, untuk mengisi daya baterai Murai sampai full, Sahabat Selis hanya memerlukan waktu 6 jam dengan biaya total kurang lebih Rp 553 (perhitungan menggunakan harga listrik termahal, yaitu Rp 960).

Dengan biaya Rp 553 ini, Sahabat Selis dapat bepergian sejauh 35 km! Jadi, biaya per bulannya nggak sampai Rp 20.000, alias sama dengan menggunakan ojek untuk sekali perjalanan. Murai, hematnya kebangetan.

Sisa uangnya? Tentu bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau kebutuhan pribadi. Seorang ibu rumah tangga berjiwa muda pasti akan sangat senang dengan kehematan ini. Sisa uangnya bisa menambahkan untuk stok kebutuhan rumah tangga atau dipakai untuk berbelanja. Makin hemat, makin banyak belanja! Eits, jangan lupa ditabung juga, ya.

Untuk perawatan unit ini, cukup dengan tidak mencucinya dengan menggunakan tekanan air yang tinggi. Selis juga akan membantu Sahabat Selis untuk merawat unit dengan memberikan konsultasi gratis bersama Dokter Selis dan memberikan garansi rangka 5 tahun, dinamo 1 tahun, charger 3 bulan, kontroler 6 bulan, dan baterai 3 bulan. Selis pastinya selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Jika ingin mendapatkan Selis Murai, Sahabat Selis dapat mengunjungi langsung showroom resmi Selis yang bernama Selis Center di daerah masing-masing. Bisa juga melalui Tokopedia Selis yang sedang menawarkan diskon up to Rp 1.000.000, dan juga potongan ekstra Rp 500.000 berhadiah helm gratis.


Yamaha Motor meluncurkan motor listrik terbaru Yamaha TY-E 2.0. Namun, motor ini tidak memiliki jok untuk pengendaranya. Kok bisa? Ya, ini adalah motor trial. Motor trial (beda dengan motor trail untuk motocross) yang biasanya digunakan untuk medan offroad ini memang umumnya tidak dilengkapi dengan jok. Ridernya cenderung mengendarai motor ini sambil berdiri. Dengan motor trial, rider bisa beraksi di medan offroad seperti melompat-lompat dari rintangan satu ke rintangan lainnya.

Motor digunakan melompat-lompat di batu serta tebing curam (climbing dan downhill). Ketika digunakan, ridernya cenderung berdiri untuk menaklukkan medan ekstrem.

Yamaha mencoba menghadirkan motor trial TY-E 2.0 dengan penggerak listrik untuk mendukung netralitas karbon dari perspektif kesenangan berkendara motor. Yamaha berencana untuk menggunakan motor ini dalam beberapa putaran FIM Trial World Championship 2022.

Pengembangan TY-E 2.0 berdasarkan model TY-E pertama yang diumumkan pada tahun 2018. Motor listrik ini memanfaatkan rangka monokok baru yang terbuat dari laminasi komposit. Penggunaan rangka monokok itu memberikan bobot yang lebih ringan dan kekakuan yang optimal.

Rangkanya menampung unit daya listrik dengan kinerja yang ditingkatkan melalui kombinasi komponen mekanis dan kontrol elektronik. Motor trial ini juga memasang baterai ringan yang baru dikembangkan dengan kapasitas sekitar 2,5 kali lipat dari model sebelumnya. Tata letak unit daya dan baterai ditinjau dan direvisi untuk mencapai pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan model sebelumnya.

TY-E 2.0 terbaru dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam FIM Trial World Championship mulai Juni tahun ini. Motor ini akan ditunggangi oleh Kenichi Kuroyama di Tim Balap Pabrik Yamaha, yang juga berperan sebagai pebalap pengembangannya. TY-E 2.0 juga akan dipamerkan di booth Yamaha Motor di Tokyo Motorcycle Show ke-49 yang diadakan pada 25-27 Maret.

Berikut spesifikasi Yamaha TY-E 2.0

Dimensi panjang, lebar, tinggi: 2.003 mm × 830 mm × 1.130 mm
Wheelbase: 1.310 mm
Ground Clearance: 340 mm
Bobot: 70 kg
Motor: AC synchronous electric motor
Tipe Baterai: Lithium-ion
Kopling: Hydraulic, Wet, Multi-plate
Rangka: CFRP Monocoque