-->

Ekspansi Jepang Melarang Ekspor Mobil Mewah ke Rusia Karena Invasi Ke Ukraina

Kecintaan konsumen Indonesia terhadap kendaraan Multi-Purpose Vehicle (MPV) semakin bergeser. Tepatnya, bergeser dari model MPV ke Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Karena itu, wajar jika semakin banyak konsumen memilih LSUV sebagai mobil keluarga.

Mobil Toyota GT3


Tapi, apa sebenarnya daya tarik LSUV sebagai mobil keluarga?
Pertama, dari kapasitasnya. LSUV mengusung kapasitas 7 penumpang seperti MPV. Kabinnya besar dan lega, juga bisa mengangkut banyak penumpang dan barang.

Kedua, performa LSUV lebih tangguh di berbagai medan dengan ground clearance yang tinggi. Sehingga, ideal untuk digunakan road trip ke berbagai wilayah dengan medan off road ringan maupun on road.

Ketiga, pabrikan saat ini semakin agresif membenamkan berbagai fitur penunjang kenyamanan, keamanan, serta keselamatan di LSUV yang dibutuhkan untuk mobil keluarga. Terakhir, sebagai mobil keluarga LSUV memiliki tampang yang lebih sporty, gagah, dan tentu saja bergengsi.

Jika Anda memang sedang mencari mobil keluarga, tidak ada salahnya menimbang untuk membeli LSUV. Nah, berikut adalah tips memilih mobil keluarga terbaik di 2022:

1. Mesin yang Responsif
CAPTION: Kegiatan road trip bersama keluarga jadi sangat penting. Foto: dok HPM.
Mobil keluarga dengan mesin yang responsif saat ini menjadi lebih penting dari sebelumnya. Sebab, selama pandemi Covid-19, semakin banyak orang memilih bepergian jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi. Mesin responsif dan bertenaga membuat bepergian jarak jauh terasa lebih nyaman dan mengasyikkan.

All New Honda BR-V, misalnya, menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan performa terbaik di LSUV. Mesin tersebut mampu memompa tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm. Pengemudi bisa lebih nyaman menyalip hingga melibas tanjakan saat bepergian.

2. Konsumsi Bahan Bakar Irit
Mesin 1.5L DOHC i-VTEC di All New Honda BR-V tidak hanya responsif, tapi juga dikenal sangat irit. Termasuk, penggunaan CVT baru yang membuat efisiensi bahan bakar lebih baik. SINDONews pernah mencapai konsumsi BBM 1:22 km/liter di perjalanan Jakarta-Solo di All New Honda BR-V.
Selain untuk road trip dan aktivitas bersama keluarga, mobil keluarga yang irit tentu akan nyaman juga saat dipakai harian ke kantor.

3. Fitur Keselamatan
Tentu kita ingin anggota keluarga tetap aman saat bepergian. Maka, perhatikan fitur keselamatan di mobil keluarga. Mulai sistem pengereman, jumlah airbag, hingga seatbelt.
Fitur-fitur seperti Dual Front SRS Airbags, Keyless Entry, Driver Seatbelt Reminder, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags dan Parking Sensor di All New Honda BR-V tentu jadi pertimbangan menarik.

4. Desain Gagah dan Modern
Desain dan tampilan mobil keluarga memang sangat subyektif. Tergantung selera. All New Honda BR-V cocok bagi mereka yang menginginkan tampilan agresif, sporty, dan modern. Favorit SINDONews ada di LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan, serta velg 17 inci yang gagah. Tren 2022, banyak konsumen yang lebih memfavoritkan mobil dengan desain yang terlihat gagah dan modern.

5. Kenyamanan Kabin
Kenyamanan penumpang di mobil keluarga tentu sangat penting. Bisakah mobil Anda membuat penumpang baris kedua dan ketiga sama nyamannya di perjalanan jarak jauh?
Pilih mobil dengan jok berbahan kulit yang nyaman dan mewah. Armrest atau sandaran tangan di baris pertama jadi nilai plus. Membuat pengemudi lebih rileks. Bahkan All New Honda BR-V tipe Prestige memiliki armrest hingga baris kedua.
Pastikan juga mobil keluarga memiliki banyak pilihan Power Outlet. Tidak hanya di baris pertama, tapi juga baris kedua dan ketiga. Power Outlet 12 V memudahkan penumpang mengisi daya perangkat mereka agar tidak bosan.

6. Teknologi Canggih
Konsumen Indonesia suka dimanja dengan teknologi. Pilih mobil keluarga yang sudah bisa mendukung Android Auto atau Apple Car Play seperti layar 7 inci di All New Honda BR-V yang sudah dilengkapi Smartphone Connection.
Tapi, dua fitur yang paling disukai SINDONews di mobil tersebut adalah Remote Engine Start dan Walk-Away Auto Lock.

Remote Engine Start memudahkan menghidupkan mesin dan AC kendaraan otomatis dari jarak jauh. Setelah selesai berenang di pantai yang terik bersama keluarga, misalnya, nyalakan mobil dari jauh sehingga setelah memasuki mobil sudah merasakan hembusan AC yang dingin dan sejuk.

Adapun Walk-Away Auto Lock berfungsi mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan meninggalkan mobil dengan pintu sudah tertutup rapat minimal 2 meter. Ini cocok untuk pengemudi yang sering lupa mengunci pintu.

7. Penyimpanan Lega
Saat road trip atau mudik ke kampung halaman, mobil keluarga akan penuh dengan penumpang dan barang. Maka, pilih mobil keluarga yang memiliki ruang penyimpanan fleksibel dan luas. Yang memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan benda-benda kecil.

All New Honda BR-V, misalnya, punya 8 tempat botol air. Sehingga setiap anggota keluarga akan selalu diingatkan untuk minum saat perjalanan panjang. Kalaupun sedang dipakai harian, lipat kursi baris ketiga All New Honda BR-V menjadi 50/50 yang membuat bagasi lebih lega.

Dengan tampang canggih, ground clearance tinggi, performa bertenaga, serta fitur berlimpah, wajar jika selera konsumen beralih ke LSUV seperti All New Honda BR-V untuk memenuhi kebutuhan mobil keluarga mereka.

Jepang menyetujui larangan untuk ekspor kendaraan mobil mewah dan barang-barang lainnya ke Rusia sebagai wujud bagian dari sanksi ekonomi atas invasi negara itu ke Ukraina.

Dikutip dari Kyodo, Selasa (29/3/2022), kabinet Perdana Menteri Fumio Kishida merevisi peraturan yang relevan untuk menerapkan embargo pada 5 April yang juga akan mencakup perhiasan dan karya seni.

Langkah ini bertujuan untuk menambah tekanan pada oligarki yang telah mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin secara finansial. Amerika Serikat dan negara-negara anggota Uni Eropa telah mengambil tindakan serupa.

"Kami akan bekerja dengan komunitas internasional, termasuk negara-negara Kelompok Tujuh, untuk menerapkan sanksi keras," kata Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Koichi Hagiuda.
Mobil merupakan bagian besar dari pengiriman menuju Rusia dari Jepang yang berjumlah 627,8 miliar yen (5 miliar dollar AS) pada tahun 2020, menurut data pemerintah.

Jepang memberlakukan larangan serupa pada ekspor barang mewah ke Korea Utara pada 2006 setelah Pyongyang mengumumkan telah melakukan uji coba nuklir. Jepang sejak itu benar-benar melarang impor dan ekspor ke negara itu.

Agresi Rusia terhadap Ukraina telah dibalas dengan sejumlah sanksi, termasuk pembekuan aset bank sentral Rusia, pelarangan lembaga keuangan utama Rusia dari sistem pembayaran internasional utama, dan pemberlakuan larangan dan kontrol ekspor.

Bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, Jepang juga telah memutuskan untuk mencopot Rusia dari status "negara yang paling disukai", yang telah memberi Moskow persyaratan perdagangan terbaik untuk produk-produk utama di bawah aturan Organisasi Perdagangan Dunia.