-->

Cara Mengatasi Kaki-kaki Mobil Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Kaki-kaki Mobil Yang Bermasalah - Apa penyebab suara berbunyi bising pada kaki-kaki mobil ? Lalu bagaimana mengatasi bunyi gluduk-gluduk tersebut?

Kaki Shock Bermasalah

Bagi anda yang mempunyai kendaraan berkaki empat dengan pengendali utamanya mesin pasti pernah merasakan bunyi-bunyi yang bermacam-macam dari mobil pribadi kalian. Biasanya di mobil terdengar suara gluduk-gluduk pada area bawah mobil, itu terjadi saat kalian melintasi jalan yang tidak rata.

Peyebabnya sendiri memang mobil yang mengalami bunyi gluduk-gludukmeski hal ini tidak mengganggu performa stir dan kaki-kaki.

Bunyi gluduk-gluduk di bagian kaki mobil memiliki banyak faktor dan penyebabnya. Hal ini juga berpengaruh pada bagaimana ktia mengatasinya. Komponen kaki-kaki mobil memiliki beragam fungsi, selain fungsi pengendalian dan kestabilan, juga berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara.

Tetapi jalngan lupa bahwa umur di masing-masing komponen kaki-kaki mobil tidak bisa diprediksi. Hal ini memiliki pengaruh dengan medan jalanan yang sering dilalui. Bila muncul bunyi-bunyi aneh pada bagian kaki atau setir terutama bila melewati jalan berlubang, sebaiknya periksa kondisi mobil Anda. Berikut beberapa penyebab bunyi gluduk-gluduk di bawah mobil dan cara menmperbaikinya.

Kaki Shock Absorber


Cara Mengatasi Kaki-kaki Mobil Yang Bermasalah.
Karet Support Suspensi / Shock Absorber Telah Rusak / Aus
Salah satu penyebab utama dari bunyi yang terdengar berisik diakibatkan oleh bantalan karet pada bagian suspensi roda yang sudah rusak dan perlu diganti.

Atasi Kaki Shock Absorber Mobil

Karet Support untuk suspensi ini ada baiknya diganti keempatnya agar umur pakai dari karet tersebut bisa sama. Tetapi jika yang lain kondisinya masih benar-benar bagus, bisa diganti yang rusak saja.

Shock Absorber Mati tidak berfungsi atau mengalami Kebocoran
Kebocoran yang terjadi pada Shock Absorber juga dapat menyebabkan suara berisik pada kaki-kaki mobil. Jika mobil dirasakan suspensi keras, bantingannya kasar dan ada semacam bunyi ‘gludug’ saat di lubang atau jalanan yang bergelombang kemungkinan besar shockbreaker yang sudah lemah, atau biasa kita sebut shock mati.

Baud Suspensi Telah Kendor
Munculnya bunyi gluduk-gluduk juga bisa diakibatkan oleh baut yang tidak kencang di bagian suspensi sehingga menyebabkan bunyi sberisik ketika melewati jalan tidak rata karena suspensi saat bekerja menimbulkan getaran dan menyebabkan sura gluduk-gluduk.

Spring / Rack End Tidak Berfungsi Dengan Baik
Salahs atu akibat munculnya bunyi yang paling parah adalah rack End sudah tidak berfungsi Rack end. Rack end yang berguna untuk memberikan kestabilan laju mobil jika mengalami gangguan maka laju akan tidak seimbang sehingga beban pada suspensi berbeda dan menyebabkan suara.

Jika terjadi kerusakan, biasanya akan timbul bunyi aneh saat mobil melaju dan melewati jalan yang kurang bagus. Selain bunyi gluduk-hluduk, jika rack end sudah rusak, dapat menyebabkan bunyi yang lebih ekstrim seperti bunyi kletek-kletek. Hal ini jika tidak segera diperbaiki maka biasanya akan merembet pada kerusakan karet akibat beban yang tidak seimbang.

Steering Shaft Telah Aus
Jika pada Steering Shaft yang berada di dalam rack steer mengalami keausan akan menyebabkan bunyi gluduk-gluduk akibat hentakan.

Selain kaki mobil, yang seringmengalami bunyi berisik adalah bagian rem. Bila anda mengalami Rem yang berisik, ada baiknya cari penyebabnya. Lihat di Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Mobil Berbunyi Berising.

Demikian beberapa analisa penyebab Kaki mobil berbunyi Bising pada ban mobil. Pada dasarnya bunyi tersebut berasal dari area suspensi sehingga ketidaknormalannya akibat ada yang tidak beres pada bagian suspensi seperti beberapa penyebab diatas yang masih dalam area suspensi. Semoga Bermanfaat.